Sabtu, 02 Agustus 2014

Hari Raya Idul Fitri di Indonesia

Lebaran ( Hari Raya Idul Fitri) adalah momen yang di tunggu-tunggu oleh umat Islam. Di mana kita memaknainya sebagai hari kemenangan umat Islam setelah melakukan puasa ramadhan selama satu bulan penuh, yaitu di bulan ramadhan." Mohon Maaf Lahir dan Batin" adalah kalimat yang seringkali di ucapkan saat lebaran, dengan harapan dosa-dosa yang pernah kita perbuat luntur oleh kembalinya fitrah.

Ada beberapa tradisi yang di lakukan masyarakat Indonesia saat lebaran.

1. Mudik Lebaran




Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Kata mudik berasal dari sandi kata bahasa jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Naah di saat seperti ini nih jalanan berasa gak ada sepinya. kalau nggak macet total yaa padat merayap. hehe.

2. Takbir Keliling





Takbir keliling ini di lakukan pada malam hari tepat sebelum Hari Raya Idul Fitri. Umat Islam menyebutnya malam takbir, di mana seluruh umat Islam mengumandangkan takbir semalam suntuk hingga pagi.

3. Sungkeman


Saat lebaran sungkeman di lakukan oleh anak kepada orang tuanya atau cucu kepada nenek dan kakeknya. Simpelnya, orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua. Hal ini dilakukan untuk memohon maaf atas semua kesalahan dan meminta doa yang terbaik.

 4. Ziarah Kubur

Ziarah kubur biasanya di lakukan sebelum lebaran atau sesudah sholat ied. Di mana kita sebagai manusia yang masih di beri nafas oleh Allah berdoa untuk orang-orang yang telah mendahului kita.


 5. Bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya)


Naah, nggak cuma pegawai atau pekerja yang dapet THR. Anak-anak dan remaja pun juga dapet, apalagi mereka yang masih kecil-kecil pasti kebanjiran THR dari saudara ataupun tetangga, hehe. Sebenarnya maksud dari kegiatan ini adalah saling berbagi rejeki kepada sesama. Berbagi itu indah bukan :)

6. Silaturahmi

Manusia adalah makhluk sosial, maka bersilaturahmi dengan sesama adalah suatu kewajiban yang harus di lakukan manusia. Seperti besilaturahmi ke rumah saudara, tetangga, teman, dan guru. Melalui silaturahmi kita dapat menjalin hubungan baik dengan sesama.

7. Lebaran Ketupat






"Ketupat sayur Alhamdulillah, untuk dimakan di hari raya" kalian inget kan lagu ini?.  Lebaran ketupat biasanya dilaksanakan pada hari ketujuh setelah Hari Raya Idul Fitri.

Semua tradisi pasti memiliki makana di baliknya. Maka lakukanlah tradisi yang memiliki makna baik di baliknya. Ini tradisi di negara ku, bagaimana di negara kalian? :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar